Program Inovasi Desa “HYDRAM” Sebagai Solusi Kebutuhan Air Warga Desa Lambur.

Pemaparan tentang Hydram di depan Pemdes Desa Lambur dan BPD serta LPMD oleh Sang Pelopor Program Hydram, Zuldan Alfarizy

Lambur, Sabtu 09 Feb 2020_ Pompa hydram, berasal dari kata Hydraulic Ram Pump, yang berarti pompa air dengan tenaga hantaman air. Pompa hydram atau singkatan dari hydraulic ram berasal dari kata hidro = air (cairan), dan ram = hantaman, pukulan atau tekanan, sehingga terjemahan bebasnya menjadi Tekanan Air.

Hydram adalah salah satu jenis pompa air yang bekerja tidak menggunakan tenaga listrik atau bahan bakar minyak. Pompa ram bekerja karena dijalankan oleh tenaga air itu sendiri, dengan memanfaatkan sejumlah besar tenaga aliran air. Pompa ini akan menaikkan air ke tempat yang lebih tinggi.

Saat ini Desa Lambur sedang merancang Program Inovasi Desa Unggulan yakni Pompa Hydram yang digadang-gadang bakal menjadi solusi untuk permasalahan air warga yang saat ini masih kekurangan air bersih.

Meskipun sudah ada Program Pamsimas namun ada beberapa wilayah yang belum tercukupi kebutuhan air bersihnya antara lain : RT.014, RT.015, RT.016, RT.021, RT.022. Juga wilayah Dukuh Lambur I RW.001 yang saat ini sudah terpenuhi kebutuhan air bersihnya tapi mengandalkan energi listrik sehingga perlu biaya besar untuk ongkos bayar listrik PLN dan perbaikan mesin pompa listriknya, belum lagi untuk biaya oprasional petugas dan lain sebagainya.

Zuldan Alfarizy, seorang pemuda Desa Lambur merasa terpanggil untuk mencari solusi permasalahan air untuk warga yang hingga saat ini masih kekurangan air bersih, lalu dia menemukan ide cemerlang untuk membuat pompa air tanpa listrik yang disebut Hydram. Kemudian dia menyampaikan keinginannya itu kepada Kepala Desa Lambur.

Gayungpun bersambut, Kepala Desa Lambur (Bapak Cahyono) menyetujui dan sangat mengapresiasi gagasan yang diutarakan Zuldan yang merupakan salah satu pengurus Bumdes sekaligus kader KPMD tersebut. Berbekal tekad dan semangat berinovasi untuk desanya dan dengan dukungan penuh Pemerintah Desa Lambur akhirnya Pembuatan Pompa Hydram pun dimulai. Dan untuk pembuatan hydram ini membutuhkan dana kurang lebih Rp. 7.500.000,- (Tujuh juta lima ratus ribu rupiah).

Proses Pembuatan Pompa Hydram

Program Hydram ini sangat bermanfaat bagi warga yang saat ini belum tercukupi kebutuhan airnya dan khususnya yang letak rumahnya berada diatas / lebih tinggi dari sumber air. Dan tidak itu saja, nantinya Hydram ini bisa diaplikasikan untuk pertanian yaitu untuk mengairi lahan persawahan atau perkebunan yang kesulitan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *