MUSYAWARAH DESA LPJ BUMDES “BERKAH MULIA” DESA LAMBUR

Sambutan Kepala Desa Lambur selaku saat Laporan Pengelola Bumdes

Lambur, Jumat (10/01/2020) _ Bumdes “BERKAH MULIA” Desa Lambur Kecamatan Kandangserang yang baru satu tahun berdiri, sekarang sudah mulai menampakkan tanda-tanda akan berkembang menjadi sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang besar dan maju.

Pada Pagi hari Jum’at tanggal 10 Januari 2020 kemarin diadakan Laporan Pertanggung Jawaban oleh pengelola Bumdes kepada Dewan Direksi yakni Kepala Desa Lambur, Badan Pengawas yaitu BPD dan segenap Perangkat Desa, RT/RW serta tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Desa menegaskan : ” BUMDES “Berkah Mulia” adalah sebuah Badan Usaha milik Desa Lambur yang harus maju dan bisa menghasilkan keuntungan yang dapat menjadi Pendapatan Asli Desa dan dapat menjadi pendongkrak perekonomian desa yang nantinya bisa untuk kesejahteraan seluruh warga Desa Lambur“.

Direktur Bumdes menyampaikan bahwa Bumdes “Berkah Mulia” ibarat baru seumur jagung dan belum ada usaha yang berjalan, yang saat ini sudah siap adalah penyewaan alat-alat untuk hajatan seperti wajan, panci, piring, gelas, sendok, dan lain-lain juga kursi plastik. jadi bagi warga yang mau hajatan dipersilahkan menghubungi pengelola Bumdes yang kantor sekretariatnya ada di ruang sebelah Ruang Kerja Perangkat Desa dan Ruang Pelayanan atau di sebelah selatan pendopo Balai Desa Lambur.

“Insya Allah secara bertahap Bumdes “Berkah Mulia” ini akan membuka usaha-usaha yang lain yang sekiranya bisa bermanfaat bagi warga dan menghasilkan keuntungan yang lebih tentunya dan kami akan terus berinovasi untuk kemajuan Bumdes milik kita ini, kami juga siap menerima kritik dan saran yang membangun untuk kami jadikan motivasi dan referensi kerja kami ke depan dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa Lambur ini” kata Direktur Bumdes, Nurul Hadi.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara dimulai

Zuldan, salah seorang pengelola Bumdes yang hampir tiap hari standby di kantor Bumdes tampak sangat bersemangat dan serius menjalankan tugasnya sebagai Sekretaris Bumdes “Berkah Mulia” Desa Lambur. Saat diwawancarai dia menyampaikan “Insya Allah Bumdes Desa Lambur akan berkembang dan menjadi besar berkat dorongan dari Pemdes Desa Lambur dan Partisipasi warga serta Do’a kita semua yang peduli pada Desa Lambur yan kita cintai ini”.

Diharapkan kedepan Bumdes “Berkah Mulia” Desa Lambur yang merupakan sebuah badan perekonomian milik desa yang bisa diandalkan untuk menjadi pendongkrak Pendapatan Asli Desa demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Lambur. Maju mundurnya Bumdes tak lepas dari kerjasama semua pihak antara lain Pemerintah Desa beserta seluruh lembaganya serta peran aktif masyarakat.

LAZ ROUDLOTUL JANNAH PT. INDONESIA POWER BERSAMA PEMDES LAMBUR SANTUNI ANAK YATIM

Foto bareng usai acara pembagian santunan anak yatim

Lambur, 9 Januari 2020. Lembaga Amil Zakat (LAZ) Roudlotul Jannah PT. Indonesia Power UP Mrica menyalurkan bantuan zakat dengan kepada Pemerintah Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan untuk pendataan dan penyaluran bantuan tersebut, ada 55 anak yatim yang mendapatkan santunan tersebut.

Kegiatan Santuanan yang dilaksanakan di Balai Desa Lambur tersebut bertujuan untuk melaksanakan dan menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan sebagai Zakat kepada orang yang layak menerimanya.

Perwakilan dari LAZ Roudlotul Jannah PT. Indonesia Power mengatakan : “Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Desa Lambur, khususnya kepada Bapak Kepala Desa yang sudah berkenan membantu kami dalam meneyerahkan bantuan ini semoga dapat bermanfaat dan barokah bagi kita semua Amin”.

PT. Indonesia Power bukan baru sekali ini saja melaksanakan kegiatan santunan kepada anak yatim di Desa Lambur tapi sudah sering dilakukan setahun dua kali khususnya pada setiap tahun baru hijriyah atau 10 muharam. Bahkan sudah pernah membantu pembangunan untuk 2 rumah tidak layak huni milik warga Desa Lambur.

Kepala Desa Lambur juga menyampaikan terima kasihnya kepada PT. Indonesia Power yang sudah memberikan santunan kepada anak-anak yatim yang ada di Desa Lambur, beliau berharap kegiatan yang mulia ini bisa terus dilaksanakan.

PEMBANGUNAN GAPURO BALAI DESA LAMBUR KECAMATAN KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN

Proses pembangunan gapuro kantor Desa Lambur

Lambur, 01-01-2020, Gapura atau Gapuro adalah sebuah struktur bangunan yang didirikan di pintu masuk atau gerbang suatu wilayah atau kawasan tertentu yang dalam bahasa arsitekturnya disebut dengan Entrance. Secara hirarki sebuah gapura bisa disebut sebagai simbol atau ikon yang mengandung filosofi atau makna tertentu seperti keagungan, kebesaran, kebanggaan bagi penghuni wilayah tersebut. Gapura adalah komponen pertama yang dilihat ketika kita akan memasuki suatu wilayah.

Gapura bukan semata-mata bangunan fisik yang diartikan sebagai pintu gerbang, tanda batas kota, kabupaten, desa atau kampung saja tapi secara tradisi gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang yang familiar, ramah, welcome. Gapura mewakili keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada setiap orang atau tamu yang datang.

Pembangunan gapuro Balai Desa ini bertujuan untuk mengganti bangunan gapuro lama yang dibangun pada sekitar tahun 80-an dan sudah tidak layak lagi, kemudian atas permintaan dari warga dan sudah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Des) prioritas tahun 2019 maka direalisasikanlah pembangunan gapuro ini.

Pembangunan gapuro Balai Desa Lambur ini juga bertujuan ingin menampilkan identitas atau ikon Desa Lambur, memperindah tampilan serta sebagai ungkapan keramahan dan rasa hormat kepada masyarakat maupun semua tamu yang berkunjung ke kantor desa. Keberadaan Gapura ini menjadi sangat penting karena letak Kantor Desa Lambur yang cukup strategis tepat di sebelah utara pintu masuk Objek Wisata Watu Ireng.

Gapura Kantor Desa ini dibangun secara permanen dengan tinggi tembok 4 meter lebih dan tebal tembok terbagi menjadi dua bagian, bagian bawah dengan lebar -+1 meter, adapun bagian atas dengan lebar 0,5 meter. Dana yang dipergunakan untuk kegiatan Pembangunan Gapura Kantor ini bersumber dari anggaran dana Retribusi Pajak Desa Lambur Tahun 2019.

Dengan pembangunan gapura kantor desa ini diharapkan bisa lebih membangkitkan semangat dan kecintaan serta kebanggaan warga Desa Lambur kepada desanya sendiri yang merupakan tanah kelahirannya yang kemanapun pergi selalu teringat di hati.

Ditargetkan dalam 1-2 minggu pembangunan gapuro Balai Desa Lambur ini sudah selesai sehingga awal tahun baru 2020 ini Desa Lambur sudah memiliki gapuro yang indah dipandang mata bagi siapapun yang memandangnya. setidaknya ini sebagai tanda kecintaan Warga dan pemerintahan Desa pada Desa Lambur.

Dimulai dari gapuro, Pemerintah Desa Lambur bersama seluruh lembaga desa dengan dukungan dan partisipasi serta do’a seluruh masyarakat Desa Lambur insya Allah akan terus menata desa agar semakin maju dan lebih sejahtera.

TATA TERUS DESAKU