Wisata Watuireng Desa Lambur

WhatsApp Image 2019-07-12 at 10.42.15

Sebagian dari anda, pasti sudah pernah mendengar bukit ‘Ayers Rock’ di Australia, sebuah bukit batu monolith yang konon terbesar di dunia.
Atau Bukit ‘Kelam’ yang berada dikota Sintang, Kalimantan Barat yang konon juga dikatakan sebagai batu monolit terbesar di dunia, Monolit ialah batu tunggal yang berukuran besar. Ternyata Jenis batu ini juga ada di Pekalongan, masyarakat sekitar bukit batu ini, menamainya dengan Watu Ireng (Batu Hitam).
Bukit Watu Ireng terletak di desa Lambur, Kandang serang, Sebuah daerah perbukitan lereng Rogojembangan. Daerah ini terletak sekitar 20 Kilometer dari Kajen—ibu kota Kabupaten Pekalongan. Bukit Watu ireng ini lumayan luas, kira-kira sekitar 2 hektar lebih, dan ketinggiannya memungkinkan hamparan perkebunan dan hutan hijau Pekalongan bagian selatan akan terlihat jelas oleh pandangan mata. Seperti batu monolith lainnya, bukit seluas dua hektar ini terdiri dari batu tunggal yang padat, batunya berwarna hitam dan sangat keras. Dan yang menarik di beberapa bagian atas bukit batu, ada tanah yang ditumbuhi rerumputan dan semak belukar yang ketika dihentak kaki, tanah tersebut berbunyi dung-dung seperti bunyi Gong.